Ini Dia Penyebab Bopeng di Wajah

Saturday, June 17th 2017. | Uncategorized

Bopeng merupakan salah satu hal yang akan mengurangi rasa percaya diri pada setiap orang. Hal ini juga salah satu masalah bagi yang mengalami bopeng dan mengganggu penampilan. Penyebab dari bopeng sendiri bermacam-macam dan masalah bopeng ini cukup sulit untuk diatasi.

Penyebab Bopeng

Untuk bopeng bekas cacar penyebabnya mulai dari mencabut luka kering dengan tangan dan akan mengakibatkan luka pada kulit. Memegang cacar dengan kotor, menggaruk bekas luka dan menumpuknya sel kulit mati juga merupakan penyebab dari bopeng. Untuk bopeng bekas cacar ini akan sulit disembuhkan dan perlu penanganan yang tepat.

Penyebab Bopeng di Wajah

Sedangkan bopeng atau bekas jerawat memiliki banyak penyebab seperti menumpukan sel kulit mati, memegang dan memencet jerawat. Bekas bopeng ini merupakan bentuk dari jaringan parut biasa yang berbentuk hipertrofi atau hipotrofi.

Hipertrofi merupakan jaringan parut dengan bentuk yang menonjol pada permukaan kulit. Sedangkan untuk hipotrofi atau jaringan parut yang memiliki bentuk cekung.

Jenis-Jenis Bopeng

Bopeng sendiri memiliki 3 bentuk seperti bopeng rolling, bopeng icepick dan bopeng boxcar.

Bopeng rolling memiliki bentuk sperti cekungan dan tidak begitu dalam. Bopeng ini akan terlihat lebih lebar dari bobeng bentuk icepick dan lubang rolling memiliki bentuk cekung setengah lingkaran. Bopeng icepick merupakan jaringan parut yang terlihat seperti bintik-bintik kecil pada permukaan kulit, lubang dalam tapi sempit dan berbentuk segitiga dengan ujung bawah yang runcing.

Bopeng boxcar memiliki tanda pada permukaan kulit, dengan sudut lebih tegas dari rolling. Lubang pada bopeng boxcar ini akan terlihat kotak jika dilihat dari kulit secara melintang.

Dengan adanya penyebab, terjadinya bopeng tentunya harus ada pula cara mengatasinya bukan?. Beberapa cara yang dapat dilakukan utnuk mengatasi mulai dari subcision, filler dan dermaroller. Untuk subcision dilakukan untuk mengatasi jaringan parut atrifi/rolling. Cara kerjanya dengan merusak jaringan ikat yang telah menarik kulit dan menggunakan jarum khusus.

Cara Mengatasi Bopeng

Filler memiliki cara kerja dengan injeksi hyaluronic acid pada bagian yang bopeng. Dengan cara ini permukaan kulit akan terlihat rata kembali, sebelum melakukan cara ini sebaiknya lakukan subcision terlebih dahulu. Untuk cara mengatasi bopeng dengan dermaroller digunakan alat jarum mikro. Jarum ini akan membentuk seperti luka kecil jika diaplikasikan.

Luka dari cara dermaroller akan menimbulkan inflamasi yang dapat merangsang kolagen dan membuat perbaikan kulit. Cara ini biasanya dipakai mengatasi jaringan parut yang tidak begitu dalam. Anda akan melihat hasil dari cara tersebut pada 6 bulan berikutnya.

Selain cara di atas dapat pula menghilangkan bopeng dengan bahan-bahan alami yang tidak berbahaya untuk kulit wajah. Dengan bahan alami maka tidak akan menimbulkan efek samping yang buruk. Supaya Anda tidak memiliki bopeng sebaiknya hindari penyebab dari bopeng itu sendiri.

Anda juga bisa menggunakan obat bopeng/scar pratista yang sudah banyak berhasil memulihkan bopeng dan cacar. Silahkan buktikan sendiri dan rasakan manfaatnya.

tags:

Artikel lain Ini Dia Penyebab Bopeng di Wajah